Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Teks Eksplanasi Beserta Contohnya

Halo para sobat pelajar indonesia, berikut ini adalah penjelasan tentang struktur teks eksplanasi dan contohnya. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semuanya atau hanya sekedar untuk menambah wawasan materi bahasa indonesia. Simak langsung penjelasannya dibawah ini.
Struktur Teks Eksplanasi Beserta Contohnya

Struktur Teks Eksplanasi Dan Contohnya

Struktur teks adalah panduan kita saat menyusun sebuah teks. Umumnya terdiri dari pendahuluan yang ada pada paragraf pertama dan penutup pada paragraf terakhir. Tiap – tiap teks memiliki struktur yang berbeda-beda dan untuk teks eksplanasi susunan struktur teksnya adalah sebagai berikut.

Pernyataan umum 
Bagian ini menyampaikan topik atau permasalahan yang akan dibahas. Bagian ini berisi gambaran mengenai apa dan mengapa fenomena tersebut bisa terjadi. Bagian ini harus di buat semenarik mungkin untuk menarik minat pembaca..

Menghilangkan pernyataan umum sama halnya merusak teks eksplanasi. Itulah mengapa bagian pembuka ini penting. Selain berisi gambaran umum, bagian ini juga berisi sesuatu yang baru, bisa berupa ilmu pengetahuan yang bisa diterima oleh masyarakat secara umum.

Contoh
Banjir adalah fenomana alam yang kerap terjadi di Indonesia pada saat musim penghujan seperti sekarang ini.

Baca Juga : Struktur Teks Eksposisi Beserta Contohnya

Deretan Penjelas
Bagian ini merupakan bagian yang disebut sebagai urutan sebab akibat dari suatu fenomena. Pada bagian ini, terdapat penjelasan yang detail dari suatu fenomena yang dibahas secara mendalam dan berdasarkan urutan waktu.

Selain penyebab dari suatu peristiwa, pada bagian ini juga dijelaskan tentang akibat dari peristiwa. Misalnya akibat adanya kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan banyak sekali hewan yang mati dan asap mengganggu pernapasan hingga berbulan-bulan lamanya.

Hubungan sebab-akibat ini harus ada karena merupakan bagian yang penting. Dengan adanya hubungan sebab-akibat, pembaca akan paham maksud dari teks ini dibuat. Informasi pun akan disebarkan dengan baik.

Contoh
Secara umum terdapat dua faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir yakn faktor alam dan faktor sosial. Yang pertama adalah faktor alam seperti terjadinya hujan lebat terus menerus dan tanpa henti yang mengakibatkan meluapnya aliran sungai hingga memenuhi wilayah daratan

Interpretasi
Merupakan bagian terakhir atau penutup dari teks eksplanasi yang berisi inti sari atau kesimpulan dari topik atau proses yang dibahas.

Bagian ini sebenarnya opsional, boleh ada ataupun tidak.  Namun keberadaannya tetap ada untuk menutup sesuatu teks agar terlihat lebih sempurna.

Bagian interpretasi biasanya berisi kesimpulan singkat dari peristiwa yang telah terjadi. Biasanya berupa nasihat, wejangan, atau harapan dari sebuah masalah. Misalnya sebuah harapan agar peristiwa seperti ini tidak akan pernah terjadi lagi di masa depan. Atau agar korban peristiwa tersebut segera mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Contoh
Berdasarkan pemaparan dari informasi diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwasa bencana banjir tidak semata-mata karena faktor alam saja, tetapi masih ada faktor sosial yang mana manusialah yang menjadi pelakunya. Maka dari itu, kita harus pandai-pandai dalam berinstrospeksi keenapa banjir dapat terjadi disekitar kita.

Atau dalam sebuah tulisan teks eksplanasi yang lengkap adalah sebagai berikut

Banjir
Pernyataan Umum:
Banjir adalah fenomana alam yang kerap terjadi di Indonesia pada saat musim penghujan seperti sekarang ini. Karena sifatnya yang merugikan maka banjir disebut sebagai bencanan alam. Banjir dapat terjadi karena meluapnya air sungai, drainase, selokan yang disebabkan tidak bisa menampung banyaknya air hujan.

Deretan Penjelas:
Kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya merupakan masalah dan tantangan yang harus dihadapi karena 30% penyebab terjadinya banjir adalah pola hidup membuang sampah ke sungai yang dilakukan oleh sebagian orang, Disamping itu mulai menjamurnya masyarakat yang mendirikan rumah atau bangunan di bantaran sungai ikut menambah proses terjadinya banjir.

Secara umum terdapat dua faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir yakn faktor alam dan faktor sosial. Yang pertama adalah faktor alam seperti terjadinya hujan lebat terus menerus dan tanpa henti yang mengakibatkan meluapnya aliran sungai hingga memenuhi wilayah daratan.

Faktor kedua yakni faktor sosial. Jika berbicara tentang faktor sosial maka kita juga membicarakan pola hidup manusia. Manusia sering merusak alam dan tidak pernah perduli terhadap lingkungan menyebabkan terjadinya banjir dengan membuang sampah sembarangan disungai dan mendirikan bangunan-bangunan yang tidak semestinya di sekitar bantaran sungai.

Tumpukan sampah, pendangkalan sungai dan kurangnya daerah resapan air hujan ikut memperburuk keadaan saat musim penghujan tiba. dengan menumpuknya sampah akan mengakibatkan aliran air tidak lancar yang nantinya air akan meluap ke pemukiman warga.

Interpretasi:
Berdasarkan pemaparan dari informasi diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwasa bencana banjir tidak semata-mata karena faktor alam saja, tetapi masih ada faktor sosial yang mana manusialah yang menjadi pelakunya. Maka dari itu, kita harus pandai-pandai dalam berinstrospeksi keenapa banjir dapat terjadi disekitar kita.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai struktur teks eksplanasi beserta contohnya. Apabila terdapat kekurangan silahkan tulis dikolom komentar

Posting Komentar untuk "Struktur Teks Eksplanasi Beserta Contohnya"