Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Ekonomi Kelas 12 Semester 1 & 2 Kurikulum 2013

Halo pelajar dibawah ini adalah rangkuman materi pelajaran ekonomi kelas 12 semester 1 dan 2 kurikulum terbaru sebagai bahan dan referensi belajar untuk teman-teman disekolah. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi langsung simak contohnya dibawah ini.
Rangkuman Materi Ekonomi Kelas 12

Rangkuman Materi Ekonomi Kelas 12

Akuntansi untuk Perusahaan Dagang
Perusahaan dagang adalah perusahaan yang membeli barang dagangannya dari pemasok, kemudian menjual kembali barang tersebut kepada pelanggan dengan harga yang lebih tinggi dari harga pokoknya.

Transaksi perusahaan dagang secara garis besar dibagi menjadi empat, yaitu transaksi pembelian, transaksi pengeluaran kas, transaksi penjualan, dan transaksi penerimaan kas.

Jurnal khusus adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi sejenis yang terjadi berulang-ulang (rutin). Jurnal khusus dibagi menjadi empat, yaitu jurnal pembelian, jurnal penerimaan kas, jurnal penjualan, dan jurnal pengeluaran kas.

Sistem untuk transaksi pembelian barang dagangan ada dua, yaitu sistem pencatatan perpetual dan sistem pencatatan periodik.

Pemindahbukuan (posting), yaitu memindahkan jumlah yang terdapat dalam jurnal ke buku besar sesuai dengan akunnya masing-masing.

Neraca saldo adalah daftar saldo setiap akun yang ada dalam buku besar pada suatu waktu tertentu

Penutupan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Jurnal penutup adalah jurnal yang digunakan untuk menghilangkan saldo akun sementara agar dapat digunakan untuk transaksi akuntansi periode berikutnya.

Tujuan dibuatnya neraca saldo setelah penutupan, yaitu untuk memastikan jumlah kedua sisi akun dalam keadaan seimbang dan benar pada awal periode berikutnya.

Transaksi yang memerlukan ayat jurnal pembalik, yaitu beban yang dibayar terlebih dahulu (beban dibayar di muka) yang dicatat sebagai beban, pendapatan yang belum direalisasikan (pendapatan diterima di muka) yang dicatat sebagai pendapatan, beban yang belum dibayar, dan pendapatan yang belum diterima.

Jurnal pembalik yaitu suatu ayat jurnal yang dibuat pada awal periode akuntansi untuk menghapus pengaruh ayat penyesuaian periode sebelumnya sehingga transaksi-transaksi selanjutnya dapat dicatat secara tepat dan konsisten.

Manajemen Badan Usaha dalam Perekonomian
Manajemen adalah suatu keahlian atau teknik untuk merencanakan, mengorganisasikan, melak sanakan, dan mengawasi penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan.

Tingkatan dalam manajemen, meliputi manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan manajer pelaksana atau manajer lini pertama.

Fungsi manajemen adalah proses kegiatan yang saling berkaitan secara keseluruhan untuk men capai tujuan organisasi atau perusahaan.

Manajemen produksi adalah kegiatan untuk mengatur dan mengoordinasikan penggunaan sumber daya organisasi secara efektif dan efisien dalam rangka menciptakan serta menambah kegunaan suatu barang dan jasa.

Manajemen keuangan berhubungan dengan tanggung jawab pengumpulan, penggunaan, maupun pengelolaan dana perusahaan/organisasi secara efisien.

Manajemen pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan penetapan konsep produk, penetapan harga, promosi, dan pendistribusian gagasan, barang, atau jasa yang memungkinkan terjadinya pertukaran untuk memenuhi tujuan individu dan organisasi.

Tujuan utama manajemen sumber daya manusia, yaitu untuk meningkatkan kontribusi karyawan terhadap organisasi dalam rangka mencapai produktivitas organisasi yang bersangkutan.

Koperasi dan Kewirausahaan
Di dalam Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 sebagai pengganti Undang-Undang No. 12 Tahun 1967 tentang koperasi dinyatakan bahwa koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melan daskan kegiatannya berdasarkan
prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Perangkat organisasi koperasi terdiri atas rapat anggota, pengurus, dan pengawas.

Koperasi memiliki dua manfaat ganda, yaitu koperasi memberikan manfaat ke dalam (internal benefit) dan manfaat ke luar (external benefit).

Koperasi merupakan soko guru atau tiang pokok penyangga ekonomi rakyat banyak dan soko guru hanya akan kuat jika peran serta anggotanya benar-benar berjalan secara aktif dan efektif.

Koperasi sekolah atau yang juga sering disebut koperasi siswa adalah koperasi yang anggota-anggotanya terdiri atas murid-murid sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan sekolah-sekolah yang sederajat.

Landasan operasional koperasi sekolah diatur dalam keputusan bersama Menteri Tenaga Kerja, Trans migrasi dan Koperasi serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 638/SKPTS/ Men/1994.

Bidang usaha koperasi sekolah antara lain unit usaha simpan pinjam, unit usaha toko, unit kafetaria/kantin sekolah, dan unit usaha pelayanan/jasa serta berbagai usaha lainnya yang dapat dikembangkan oleh pengurus.

Cara mendirikan koperasi sekolah meliputi tahap persiapan, tahap pembentukan, tahap pendaftaran atau pelaporan, dan tahap pengesahan.

Permodalan koperasi bersumber dari:
1. modal sendiri seperti simpanan wajib, simpanan pokok, simpanan sukarela, cadangan SHU, dan sumber-sumber lain;
2. modal pinjaman seperti pinjaman dari koperasi lain, bank atau lembaga keuangan, dan pemerintah.

Kewirausahaan diartikan sebagai suatu kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu tujuan dengan maksud mencari untung (bisnis).

Prasyarat yang harus dimiliki oleh seorang calon wirausaha antara lain adalah kemampuan bergaul dan kemampuan memelihara jaringan.

Beberapa peranan wirausaha yang terpenting, antara lain meningkatkan kesempatan kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan nasional, mengurangi kesenjangan ekonomi di masyarakat, menumbuhkan kemandirian masyarakat dalam bidang ekonomi, serta menambah daya kreasi bangsa dalam memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien.

Sektor-sektor usaha yang dapat dimasuki oleh para wirausaha antara lain dapat berupa sektor ekonomi formal maupun nonformal.

Demikianlah rangkuman dari materi pelajaran ekonomi untuk kelas 12 semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman pembaca semuanya dalam menambah ilmu dan wawasan.

Posting Komentar untuk "Materi Ekonomi Kelas 12 Semester 1 & 2 Kurikulum 2013"