Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Teks Anekdot Beserta Contohnya

Halo para sobat pelajar indonesia, berikut ini adalah penjelasan tentang struktur teks anekdot dan contohnya. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semuanya atau hanya sekedar untuk menambah wawasan materi bahasa indonesia. Simak langsung penjelasannya dibawah ini.
Struktur Teks Anekdot Beserta Contohnya


Struktur Teks Anekdot

Abstraksi
Abstraksi adalah suatu bagian yang berada di awal paragraf yang memiliki fungsi untuk menjelaskan gambaran tentang isi teks tersebut. di bagian abstraksi dalam teks anekdot biasanya memberi petunjuk tentang suatu hal yang unik dalam teks tersebut.

Orientasi
Orientasi adalah suatu bagian yang memberikan petunjuk tentang awal kejadian cerita atau latar belakang dari suatu peristiwa tentang bagaimana hal itu bisa terjadi. Dalam bagian ini penulis biasanya menceritakan hingga mendetail.

Krisis
Krisis adalah suatu bagian yang menunjukkan  dimana terjadinya suatu peristiwa atau masalah yang unik atau masalah yang tidak akan terjadi pada orang yang diceritakan maupun penulis sendiri.

Reaksi
Reaksi adalah suatau bagian dari cara penulis atau bisa juga orang yang ditulis untuk menyelesaikan masalah yang timbul atau terjadi di bagia krisis tadi.

Koda
Koda adalah sutau bagian yang menjadi akhir dari cerita unik tersebut. Di bagian koda teks anekdot biasanya terdapat suatu kesimpulan dari kejadian atau peristiwa yang dialami oleh tokoh yang di tulis maupun penulis itu sendiri.

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Aku Tidak Apa-Apa
Abstraksi
Pada suatu malam yang mencekam, ada sorang kakek tunawisma yang berjalan di jalan yang sepi dan hendak menyebrang jalan. Ia terlihat miskin, bisa dinilai dari banyu yang ia kenakan compang camping.

Orientasi
Namun baru satu langkah ia berjalan untuk menyebrang, tiba-tiba saja ada sebuah mobil dengan cepat melintas di hadapannya. Sontak berteriak dengan keras dan mulai menangis sesenggukan.

Krisis
Mobil itupun berhenti, dan pengemudinya bergegas keluar menghampiri sang kakek yang mungkin ia tabrak tadi. Penampilan pengemudi tersebut seperti orang kaya! Berjas hitam dan tampak modis. Ia pun bertanya kepada si kakek, "Apakah saya baru saja menabrak Anda?"

Reaksi
Dengan ramahnya sang Kakek menjawab, "Tidak nak tampan". Kemudian si pengendara mobil bertanya sekali lagi. "Atau kakek sedang kelaparan dan mencoba memanggil bantuan dengan car amenjerit dan menangis?". Si kakek menjawab kembali pertanyaan tersebut dengan jawaban Tidak. Si pengemudi tentu kebingungan mendengar jawaban si kakek. "Lalu apa yang membuat kakek menjerit dan menangis?"

Koda
Sembari berbalik badan hendak pergi meninggalkan si pengemudi, sang kakek menjawab "Saat kamu melintas tadi, ban mobilmu sempat melindas kaki makanya aku menjerit!"

Demikianlah penjelasan singkat dari struktur teks anekdot beserta contohnya, semoga dapat membantu para pembaca/pelajar semuanya.

Posting Komentar untuk "Struktur Teks Anekdot Beserta Contohnya"