Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

8 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia - Halo pelajar dibawah ini adalah penjelasan singkat mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kebutuhan manusia sebagai bahan dan referensi belajar untuk teman-teman disekolah. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi langsung simak penjelasannya dibawah ini.
8 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Kebutuhan tiap manusia pasti berbeda-beda tergantung dari manusia itu sendiri, tapi pada dasarnya setiap kebutuhan manusia pasti tergantung dari beberapa hal dari lingkungan ataupun hal-hal lain yang ada disekitar manusia. Seperti berikut :

1. Keadaan alam
Orang yang tinggal di daerah kutub yang luar biasa dingin membutuhkan pakaian tebal untuk menahan hawa dingin yang serasa menggigit tulang. Sedangkan kita yang tinggal di daerah tropis cukup memakai pakaian relatif lebih tipis. Tampaknya keadaan alam mendorong manusia membutuhkan barang-barang yang sesuai dengan kondisi alam di tempat yang bersangkutan. Cobalah bandingkan, kebutuhan orang yang tinggal di daerah pegunungan dengan kebutuhan orang yang tinggal di daerah pantai!

2. Peradaban
Makin tinggi peradaban, makin tinggi pula kualitas barang yang dibutuhkan. Tentunya kalian pernah belajar sejarah! Coba kalian amati kebutuhan pada masa primitif, dan bandingkan dengan kondisi masyarakat kita yang sudah mengenal peradaban yang lebih tinggi. Kebutuhan masyarakat primitif lebih menekankan kebutuhan primer, kebutuhan itupun dipenuhi secara sederhana. Untuk makanan misalnya, mereka hanya tinggal memungut dari hutan atau sekitar tempat tinggalnya.

3. Adat istiadat
Perbedaan adat istiadat antara satu daerah dengan daerah lainnya menyebabkan jenis kebutuhan manusianya juga berbeda. Sebagai contoh adat pernikahan antara masyarakat di Pulau Jawa berbeda dengan masyarakat di Sulawesi. Di Jawa mahar pernikahan hanya berupa seperangkat alat sholat sudah merupakan hal yang biasa. Sedangkan di Sulawesi butuh mahar yang lebih banyak dari itu.

4.Jenis kelamin
Gender atau jenis kelamin tentu saja merupakan faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia yang tidak boleh kita lupakan. Wanita butuh segalanya,  contoh kebutuhan wanita adalah mulai dari make up, tas branded, gaun yang menarik, berlian dan perhiasan mahal, dan lain-lain. Sedangkan pria cenderung menyukai hal-hal seperti mobil atau motor sport, koleksi jam tangan, sepatu olahraga, dan lain-lain.

5.Pendidikan
Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka semakin beragam pula kebutuhannya. Misalnya saja, pelajar SMP hanya membutuhkan alat tulis sederhana seperti buku, pulpen, dan buku pelajaran. Sedangkan seorang mahasiswa membutuhkan computer atau Laptop untuk menunjang aktivitas perkuliahannya.

6.Usia
Di usia satu tahun, manusia hanya butuh popok dan makanan bayi serta asi untuk memenuhi kebutuhannya. Bernajak jadi balita, ia mulai membutuhkan mainan. Setelah masuk sekolah ia akan butuh alat tulis. Ketika kuliah ia akan membutuhkan computer dan ponsel canggih. Ketika dewasa, ia membutuhkan kendaraan. Dan ketika tua menjelang kematian ia akan membutuhkan lahan untuk pemakamannya. Begitulah hidup, perbedaan usia menyebabkan terjadi perbedaan kebutuhan.

7.Agama
Agama merupakan kebutuhan rohani yang penting bagi manusia. Setiap agama mmiliki peraturan peribadatan sendiri-sendiri yang berbeda-beda.

8.Jenis Profesi atau Pekerjaan
Terakhir yang perlu diperhatikan yang dapat mempengaruhi kebutuhan adalah jenis profesi atau pekerjaan. Akan sangat berbeda, barang yang dibutuhkan antara petani, nelayan, akuntan, guru, sopir, dan lain-lain. Coba kalian bayangkan ada orang yang bekerja di kantor selalu membawa cangkul, atau orang ke sawah untuk mencangkul dengan memakai baju jas kantor lengkap dengan dasi dan celana hitam serta sepatu pantopelnya. Oleh sebab itu, apapun profesi seseorang, mereka membutuhkan barang yang menunjang pekerjaan mereka.

Nah itulah dia penjelasan singkat mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kebutuhan manusia, semoga dapat membantu teman-teman pembaca semuanya.

Posting Komentar untuk "8 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia"