Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Teks Anekdot Dan Tujuan Penulisan Beserta Contohnya

Halo para sobat pelajar indonesia, berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian teks anekdot dan tujuan penulisannya beserta contohnya. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semuanya atau hanya sekedar untuk menambah wawasan materi bahasa indonesia. Simak langsung penjelasannya dibawah ini.
Pengertian Teks Anekdot Dan Tujuan Penulisan Beserta Contohnya


Pengertian Teks Anekdot

Anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Anekdot bisa saja sesingkat pengaturan dan provokasi dari sebuah kelakar. Anekdot selalu disajikan berdasarkan pada kejadian nyata melibatkan orang-orang yang sebenarnya, apakah terkenal atau tidak, biasanya di suatu tempat yang dapat diidentifikasi. Namun, seiring waktu, modifikasi pada saat penceritaan kembali dapat mengubah sebuah anekdot tertentu menjadi sebuah fiksi, sesuatu yang diceritakan kembali tapi "terlalu bagus untuk nyata". Terkadang menghibur, anekdot bukanlah lelucon, karena tujuan utamanya adalah tidak hanya untuk membangkitkan tawa, tetapi untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang lebih umum daripada kisah singkat itu sendiri, atau untuk melukiskan suatu sifat karakter dengan ringan sehingga ia menghentak dalam kilasan pemahaman yang langsung pada intinya.

Tujuan Penulisan Teks Anekdot

Seperti kita ketahui teks anekdot juga memiliki tujuan yang di tujukan untuk pembaca dalam setiap kisah cerita yang ditulis. Tujuan-tujuan tersebut merupakan latar belakang bagi pengarang atau penulis  untuk menulis sebuah teks anekdot. Berikut di bawah ini merupakan beberapa tujuan dari penulisan teks anekdot.
  • Untuk membangkitkan tawa bagi pembacanya.
  • Sebagai saran penghibur.
  • Sebagai saran pengkritik.

Contoh Teks Anekdot

Pengemis & Manager
(Anekdot dari sumber Anonim)

Manager   : “Pak, capek ya habis ngemis? Laper ya pak?”
Pengemis   : “Biasa aja tuh, hari ini saya udah makan 3x kok.”
Manager   : “Loh??? uangnya cuman buat makan bapak doank? Anak dan istri di rumah makan apa?”
Pengemis   : “Kayak orang susah aja! Tadi pagi saya sekeluarga habis ngerayain ultah anak saya yang kelima di Mc Donald bareng guru-guru dan teman-teman sekolahnya. Siang ini istri dan anak saya barusan BBM saya, mereka lagi makan di Pizza HUT tau!”

Manager sampai kebingungan dan berkata : “Emank bapak ngemis 1 hari dapet   berapa?”
Pengemis   : “Nih ya... Saya kasih tau. Saya ngemis dari jam 07.00-17.00. Lampu merah atau hijau waktunya 60 detik. Setiap 60 detik paling nggak saya bisa dapet Rp 2.000. 1  jam = 60 kali lampu merah Hijau, berarti 60 x 2.000 = 120.000 /jam 1 hari saya kerja 10 jam, 1 jam buat istirahat jadi 9     jam. 9 jam x 120.000 = 1.080.000/hari. 1 bulan  saya kerja 26 hari.26 hari x 1.080.000 = 28.080.000/bulan”

Manager sampai kaget dan bengong mendengar cerita pengemis itu
Pengemis   : “Emang mas jadi manager, gaji per bulannya berapa?”
Manager   : “Rp. 6.000.000 “
Pengemis   : “Ijasah?”
Manager   : “S-2”

Demikianlah penjelasan singkat dari pengertian dan tujuan penulisan teks anekdot beserta contohnya, semoga dapat membantu para pembaca/pelajar semuanya

Posting Komentar untuk "Pengertian Teks Anekdot Dan Tujuan Penulisan Beserta Contohnya"